Sabtu, 30 Juli 2016

Beberapa Informasi Keamanan Diet Tertentu pada Kehamilan

Beberapa Informasi Keamanan Diet Tertentu pada Kehamilan







Pemanis Buatan
Wanita hamil harus berhati - hati dalam mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung sakharin (pemanis buatan), sakharin diketahui dapat menembus plasenta dan tetap berada di jaringan janin.

Kafein
Sejumlah kafein masih dianggap aman dikonsumsi dalam kehamilan. Rekomendasi yang ada membatasi konsumsi minuman yang mengandung kafein sejumlah 150 - 300 mg per hari. Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara tingginya konsumsi kafein dengan keguguran, berat bayi lahir rendah.

Produk Susu
Wanita hamil harus menghindari produk susu yang tidak dipasteurisasi dan susu murni yang tidak dimasak. Risiko kontaminasi toksoplasma dan listeria pada kedua produk susu ini telah dilaporkan pada beberapa kasus.

Produk Susu
Wanita hamil harus menghindari produk susu yang tidak dipasteurisasi dan susu murni yang tidak dimasak. Risiko kontaminasi toksoplasma dan listeria pada kedua produk susu ini telah dilaporkan pada beberapa kasus.

Telur
Wanita hamil harus menghindari telur mentah dalam bentuk makanan apapun. Risiko kontaminasi toksoplasma dan salmonela telah dilaporkan dan menyebabkan infeksi di dalam rahim.

Sayur dan Buah
Wanita hamil harus mencuci seluruh buah dan sayuran sebelum dimakan.


Teh Herbal
Wanita hamil harus membatasi konsumsi teh herbal dikarenakan beberapa zat yang terkandung dalam herbal masih belum dapat dibuktikan aman dalam kehamilan. Untuk teh yang mengandung jahe, citrus, lemon aman digunakan.


Makanan sisa yang didinginkan
Makanan sisa yang didinginkan harus kembali dipanaskan sebelum dikonsumsi. Risiko adanya kontaminasi toksoplasma dan listeria meningkat pada jenis makanan ini.


Daging
Wanita hamil harus menghindari konsumsi daging yang masih mentah atau tidak matang, makanan siap saji yang disediakan dalam kondisi dingin harus dipanaskan sebelum dikonsumsi. Risiko terjadinya kontaminasi toksoplasma juga terjadi pada daging yang tidak matang.


Seafood
Wanita hamil harus menghindari daging ikan hiu, ikan todak, ikan kembung dan tuna bakar dikarenakan kemungkinan adanya paparan merkuri pada ikan tersebut yang menyebabkan gangguan persarafan pada janin.
Wanita hamil juga harus membatasi konsumsi ikan lainnya agar tidak lebih dari 12 ons per minggu, menghindari ikan asap yang dibekukan dan ikan mentah untuk menghindari risiko kontaminasi listeria.


Selalu pilihlah makanan dan minuman yang lengkap dan cukup gizi dengan memperhatikan beberapa rekomendasi diatas. 
Jangan lupa untuk selalu membersihkan peralatan makan dan juga mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum memegang makanan untuk menghindari kontaminasi kuman yang berbahaya baik bagi Ibu maupun Janin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar