Sabtu, 30 Juli 2016

Beberapa Informasi Penting pada Kehamilan yang Perlu Diketahui Bumil

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pada kehamilan
Frequently asked question in pregnancy




Apakah saya boleh melakukan perjalanan dengan pesawat terbang saat hamil?

Bumil tidak perlu takut terhadap perbedaan tekanan pada saat berada di ketinggian tertentu di dalam pesawat terbang, dikarenakan tekanan yang sudah disesuaikan di dalam kabin pesawat. Secara umum perjalanan udara (air travel) dikatakan aman hingga 4 minggu taksiran persalinan atau 36 minggu (9 bulan), namun hal ini perlu disesuaikan dengan kebijakan dari maskapai penerbangan. Beberapa maskapai membatasi hingga usia kehamilan 32 sampai 34 minggu.
Beberapa hal yang perlu diwaspadai dan dipersiapkan:
  • Hati - hati pada perjalanan yang panjang / lama. Didapatkan peningkatan kemungkinan trombosis karena imobilisasi yang lama (terlalu lama dalam posisi duduk. Hal ini bisa diatasi dengan sesekali melakukan stretching atau berdiri untuk memobilisasi tubuh kita.
  • Hendaknya bumil juga memiliki informasi yang adekuat terhadap ketersediaan pelayanan kesehatan di tempat tujuan, untuk mempersiapkan segala sesuatu jika didapatkan kondisi kehamilan tertentu yang memerlukan penanganan

Bolehkah saya melakukan olahraga?

Olahraga dengan intensitas ringan-sedang disarankan untuk tetap dilakukan saat kehamilan. Dalam seminggu dapat dilakukan olahraga dengan intensitas sedang hingga 30 menit setiap 1-2 hari. Intensitas setiap bumil sangat variatif dan disesuaikan dengan kemampuan setiap bumil.
Beberapa olahraga yang tidak boleh dilakukan:
  • Olahraga yang memiliki risiko jatuh atau trauma pada perut
  • Olahraga menyelam (scuba diving) dikarenakan peningkatan tekanan yang berbahaya

Saya ingin melakukan perawatan rambut dan kulit, apakah aman?

Meskipun perawatan rambut dan penggunaan pewarna rambut masih belum jelas hubungannya dengan gangguan pada janin, namun rekomendasi yang ada menyebutkan untuk menghindari perawatan rambut dan penggunaan pewarna rambut pada saat awal kehamilan demi menurunkan kemungkinan terjadinya kelainan kongenital pada janin.
Hal yang sama juga disarankan pada perawatan kulit, banyaknya penggunaan merkuri (Hg) yang sangat berbahaya dan telah diketahui menyebabkan beberapa kelainan kongenital janin mulai ringan hingga berat, sehingga direkomendasikan untuk menghindari paparan perawatan kulit yang mengandung merkuri (Hg) saat kehamilan


Saya suka berendam dengan air panas dan melakukan sauna dengan teman saya, apakah tetap boleh saya lakukan saat hamil?

Berendam air panas dan sauna tentunya sangat nyaman dan menyenangkan bagi seseorang, namun hal ini perlu diwaspadai pada saat kehamilan. Berendam dengan air panas (hot tubs) dan sauna direkomendasikan untuk dihindari pada trimester awal kehamilan. Hal ini disebabkan karena paparan panas pada awal kehamilan berhubungan dengan terjadinya beberapa kelainan kongenital seperti neural tube defect (gangguan perkembangan tabung saraf) dan juga keguguran.


Apakah berbahaya melakukan hubungan seksual saat kehamilan?

Secara umum hubungan seksual yang diakukan pada kehamilan tidak berhubungan dengan adanya gangguan tertentu pada kehamilan. Namun pada beberapa kondisi kehamilan tertentu, seperti plasenta previa (plasenta yang terletak dibawah dan menutupi jalan lahir), boleh atau tidaknya berhubungan seksual harus di konsultasikan terlebih dahulu pada dokter anda karena bahaya terjadinya perdarahan dalam kehamilan.


Saya ingin tetap bekerja saat kehamilan, apakah hal ini boleh dilakukan?

Tidak ada larangan untuk melakukan pekerjaan saat kehamilan
Beberapa hal yang perlu diperhatikan karena dapat berhubungan dengan gangguan atau komplikasi kehamilan adalah:
  • Pekerjaan yang membutuhkan kondisi berdiri yang lama
  • Paparan berbagai zat atau kondisi yang berbahaya di pekerjaannya, contoh: pekerjaan dengan paparan bahan kimia tertentu, pekerjaan yang berhubungan dengan radiasi.

Saya sering mengkonsumsi obat - obatan pusing sebelum hamil, saya juga mengkonsumsi obat herbal secara rutin, bolehkah tetap saya konsumsi saat hamil ini?

Hanya sedikit obat yang diketahui dan terbukti aman diberikan pada kehamilan. Obat lainnya mengandung risiko tertentu baik pada kehamilan ataupun kondisi janinnya, sehingga risiko menggunakan semua obat dan herbal harus dikonsultasikan dan diketahui dengan pasti terlebih dahulu apakah keuntungan konsumsi obat dan herbal tersebut melebihi risiko yang diakibatkan. Konsultasikan semua obat dan herbal yang anda konsumsi dengan dokter anda saat hamil.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar